Minggu, 03 April 2016

Membuat bunga dari bahan kantong plastik

Minggu, 2 April 2016 saya bersama kak anwar datang kembali ke kolong tol jembatan 3 dan di hari  yang cerah ini sangat bagus untuk memulai KBB (Kegiatan Belajar Bermain) namun kegiatan ini berjalan sedikit terlambat yaitu 11.00 wib .
Kelas selalu di mulai pertama dengan malaikat-malaikat manis dari kelas PAUD dengan sesi mewarnai, seperti dunia ini penuh warna hehe.. dan tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11.30 wib, sudah waktunya pergantian kelas.

Yang membedakan KBB kali ini untuk kelas Bintang,Bulan dan Matahari yaitu adanya penggabungan kelas dan tidak lupa mengundang orang tua mereka yaitu ibu-ibu mereka untuk turut serta berkegiatan.
Kali ini saya akan memberikan pendidikan keterampilan, yaitu "Membuat bunga yang terbuat dari kantong plastik kresek". Ide  untuk memberikan Keterampilan ini bermula dimana saya merasa banyak sekali yg kita bisa manfaatkan dari lingkungan sekitar, dimana kita selalu melihat sampah-sampah plastik berserakan di mana-mana dan bahkan sangat sulit terurai.
  
Pemberian keterampilan ini sangat mudah di lakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak sekalipun karena ini sudah di praktekkan dan dibuktikan di KBB pekan ini.

Mereka membuat kelompok dimana setiap kelompoknya terdiri dari 4-5 anggota mulai dari remaja dan anak-anak. Orang tua adik-adik juga membuat kelompok sendiri. Kemudian saya menjelaskan dan mempraktekkan bagaimana cara pembuatan bunga yg terbuat dari plastik kresek ini. Bahan-bahan untuk membuat bunga dari plastik kresek ini sangat mudah di cari, seperti plastik,kawat,kertas krep,gunting, lem, sedotan, daun dan putik yang sudah jadi. Daun dan putik ini dapat di beli di toko buku dan fungsinya sebagai pelengkap saja.

Memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran membuatnya tapi ini semua sangat mudah kalau kita benar-benar serius membuatnya. Saya sangat berharap dengan adanya pendidikan keterampilan ini adik-adik maupun orangtuanya dapat mengembangkan kreatifitas mereka dan dapat melihat bahwa ketika ada sesuatu yg tidak bernilai di mata orang lain, itu bisa menjadi sesuatu yg berharga memanfaatkan sampah atau sesuatu yg tidak terpakai menjadi sesuatu yang bernilai dan dapat memperindah... itu semua bisa terjadi dengan kreatifitas mereka.

Caesara
Volunteer/Pengajar
#SahabatMissil3 #03042016 #Kindness

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sahabat Missil3 Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting