Minggu, 23 November 2014

Perjuangan Hak Anak

"Tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri"

dari kutipan kalimat diatas merupakan sepenggal harapan yang harus tetap diperjuangkan untuk hak asasi anak. Dengan segala keterbatasan yang ada untuk berjuang tetapi tetap harus berjuang.

Welfare State "negara kesejahteraan", menuntut untuk sejahtera merupakan hak asasi manusia, apabila masyarakat sejahtera maka anak pun sejahtera. (talk show Sahabat Anak). 

Perlindungan anak merupakan suatu tanggung jawab dari Negara, siapa sih Negara itu ? Negara adalah masyarakat dan pemerintah yang bersinergi. Masyarakat yang paling dekat adalah keluarga anak itu sendiri dengan segala yang ada didalamnya. Dan peranan para relawan menjadi sosok vital yang menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah. Penghubungan yang baik dapat memperkuat perlindungan terhadap anak. 
Banyak anak yang belum terdaftar dalam kependudukan dengan berbagai masalah yang terjadi dilapangan. padahal memperoleh status kewarganegaraan merupakan hak setiap orang yang diatur dalam konstitusi di Indonesia. Tetapi perjuangan para relawan untuk hak-hak anak masih tetap berjalan dengan semangat membara. 

Sahabat Missil3 sabtu sore tadi sudah melakukan salah satu dari sekian banyak hak-hak anak yaitu mendapat pendidikan dan pembelajaran. Mempelajari hal-hal dasar seperti "calistung" sebagai dasar menuju jenjang sekolah formal yang memang menjadi target kerja dari Sahabat Missil3. Adik-adik "serdadu kumbang" begitu kami menyebutkan, sudah mulai mahir untuk membaca dan berhitung biarpun masih harus pelan-pelan tapi pasti. "hanya keyakinan yang dapat membuat semua mungkin terjadi".

"Marilah selalu mendukung semua program-program yang mengutamakan dan mewujudkan hak-hak anak, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menjamin generasi penerusnya."

~@Bli 
Volunteer Pengajar Sahabat Missil3

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sahabat Missil3 Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting