Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengenal Kasar dan Halus

Sabtu,  19 Agustus 2017,  hari ini saya bersama kak anwar, menjalani rutinitas Kegiatan Belajar dan Bermain.  Namun ada yang berbeda kali ini,  untuk pertama kalinya saya mengajar menggunakan metode Montessori.  Apa itu Montessori ? Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Ciri dari metode ini adalah memberikan kebebasan pada anak memilih kegiatan sesuai dengan keinginannya dan guru (sering disebut "direktur" atau "pembimbing") bersifat mengarahkan dan prinsip metode pendidikan Montessori ini Diantaranya adalah konsep kebebasan, struktur dan urutan, realistis dan kealamian, keindahan dan nuansa, serta prinsip alat permainan Montessori.

Saya memberikan Metode Montessori kepada Adik" kelas Awan Kecil dan Awan Besar yaitu mengenal Kasar dan Halus,  dengan alat peraga 2 buah spons pencuci piring,  bagian busa warna kuning adalah halus dan di belakangnya ada spons yang kasar  berwarna hijau. Setelah saya memberi tahu dan mempraktekkan kasar dan halus tadi.  Adik ingin mencoba..  Bagaimana merasakan halus dan kasar itu.. Sambil memegang media peraga menggunakan dua jari jari telunjuk dan jari tengah mereka meraba spons tersebut sambil berkata "Halus.. Halus.. Halus" dan selanjutnya "Kasar... Kasar..kasar". Metode montesori degan cara memperknalkan benda yg bertekstur kasar dan halus,  adik-adik pun juga menambah Kosa kata baru sambil merasakan sensasi memegangnya Dengan indra peraba.

Kelas Bintang, seperti biasa belajar CALISTUNG , kali ini saya benar-benar focus terhadap Kelas bintang Kecil untuk belajar menulis di mulai dari mempelajari huruf Alfabet ,adik-adik menulis nama mereka sendiri dan nama teman-temannya. Dari sana lah mulai di koreksi..  Mana nama yang tidak sama penulisan dengan pengucapan dan salah dalam penulisan hurufnya.

Kelas,  Bulan  kali ini saya memberikan permainan sekaligus dapat belajar dari permainan tersebut namanya adalah "Apakah Aku" , Contohnya "Aku bermata dua, Aku dapat memotong kain dan Kertas Orang memasukkan tangan ke mata ku. Apakah Aku?" Jawabanya "Gunting". Meskipun kesulitan membuat tebakannya, tapi adik-adik antusias sekali,  permainan ini di bagi 2 kelompok masing-masing kelompok bergantian memberikan tebakan dan menjawab. Permainan ini dapat Mengungkap pola pikiran secara lisan tentang benda-benda di sekeliling adik.


Caesara
Volunteer / Pengajar

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sahabat Missil3 Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting